Saturday 1 December 2012

Pesona Bumi Pasemah

Share on :

Oleh: FLORENCIA MARCELINA RAMADHONA

Kota Pagaralam, Sumatra Selatan menyimpan sejuta panorama yang memanjakan mata. Tak pernah merasa cukup waktu untuk mengunjungi setiap tempat wisata dikota ini. Tak begitu besar memang kota ini, namun begitu banyak tempat wisata yang asik untuk dikunjungi.

Untuk wisatawan dari Palembang, bisa melaju ke Pagaralam dengan menggunakan jasa angkutan bus atau travel. Dengan mengeluarkan kocek 35 ribu anda sudah bisa sampai di Pagaralam dengan menggunakan bus yang berangkat dari terminal Karyajaya. Atau dengan menggunakan travel, anda harus mengeluarkan kocek berkisar 70-90 ribu. Setelah sampai di Pagaralam anda bisa menginap di villa yang terletak di kawasan pegunungan villa yang disewakan berkisar 200-450 ribu sesuai fasilitas yang ada.

Sebagai kota yang memiliki wisata air terjun terbanyak di Indonesia yang mencapai 30an air terjun, bisa dibilang sudah menjadi kewajiban bagi anda untuk mengunjungi salah satu air terjun nya bila berwisata disini.

Salah satunya yang dikunjungi BeritaMusi.Com adalah air terjun Lematang. Dengan tarif Rp 2 ribu per orang anda sudah bisa menikmati panorama keindahan dan kesegaran air terjun ini. Belum puas bila tidak bermain langsung di bawah air terjun, bila ingin bermain di bawah air terjun dengan keselamatan yang terjamin, para penjaga tempat wisata ini siap menjadi guide dan menyewakan ban yang bisa dinaiki oleh lima orang sekaligus, dan digiring oleh penjaga hingga sampai tepat di bawah air terjun. Dengan tarif Rp 5 ribu per orang anda sudah bisa menikmatinya.

Gunung Dempo bisa dibilang telah menjadi ikon tempat pariwisata di Kota Besemah (bersih, sejuk, aman, ramah) ini. Anda bisa menikmati keindahan dan kesejukannya dengan membayar karcis Rp 1000 per orang, namun untuk menjelajahi gunung dempo anda bisa menyewa bentor (becak motor) dengan tarif Rp 5 ribu saja untuk sampai ke tujuan, begitupun untuk kembali menuju penginapan atau hotel anda tidak perlu bingung, karena jasa ojek telah tersedia disini dengan tarif yang sama.

Begitu banyak pemandangan yang memanjakan mata anda setelah masuk ke dalam objek wisata wilayah gunung Dempo ini, hamparan kebun teh menghijau, dan tatanan komplek yang pernah menjadi lokasi MTQ dulu, terlebih anda bisa melakukan terapi pengobatan dengan melewati tangga seribu yang yang dibangun mulai dari Aula Gunung Gare sampai ke kebun teh mendekati Gunung Dempo.

Begitu banyak tempat pariwisata yang bisa menenangkan fikiran kita saat berlibur. Sejenak merilekskan saraf otak yang terlalu penat dengan aktivitas kerja berhari-hari. Tidak salah bila anda memasukkan kota Pagaralam sebagai salah satu sasaran objek wisata bersama keluarga atau sahabat anda.

Sumber: Berita Musi, 25.10.2009 12:28:00 WIB

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Kunjungannya Saudara-saudaraku